Alya's VIP Lounge

Selamat datang... Silahkan bersantai di sini sambil menunggu pesawat anda boarding...

Let's Make Pizza........... part III

Untuk bahan isian terserah kalian!!

Yups!

Ini saat-nya kalian berkreasi dengan bahan isi-an pizza. Pada inti-nya, bahan isian ini adalah keluarga daging2an. Tapi untuk yang vegetarian, tidak memerlukan bahan isian. Tips dari aq, bahan isian ini hendaknya sudah di matangkan terlebih dahulu, baik di tumis. Daftar bahan isian yang ok buat pizza, di antaranya :

1. Daging cincang à harus di tumis dulu sampai matang, baru bisa di pakai

2. Daging asap à saran aq, setelah di tumis, daging asap ini di potong memanjang berbentuk persegi panjang. Ukurannya kurang lebih 2 buku jari qta

3. Beef à bisa beef salami atau beef pepperoni. Jangan lupa di tumis dan di potong memanjang, sama seperti daging asap

4. Sosis à bisa sosis ayam ataupun sosis sapi yang sudah di tumis dan di iris-iris, tapi jgn terlalu tipis ya!

Kalian bisa menggunakan salah satu bahan isian di atas ataupun mengkombinasikannya seperti aq,heuheu…

Untuk taburan….

Sama aja kayak bahan isian. Intinya, taburan ini adalah bahan tambahan. Selain untuk menyeimbangankan rasa bahan isian, taburan ini juga mempercantik penampilan pizza kalian. Biar kayak di restaurant2 pizza gtu… Taburan apa yang akan kalian gunakan, tergantung dari selera kalian. Karena ada juga orang yang tidak suka bahan taburan tertentu, contohnya paprika…

Taburan yang aq sarankan :

1. Paprika à ada 3 macam, yang hijau, merah dan kuning. Jangan gunakan semuanya, cukup ½ bagian apabila menggunakan 2 macam paprika atau 1/3 bagian apabila menggunakan 3 macam paprika.

2. Nanas à secukupnya saja, potong dadu kecil

3. Jagung manis à jagungnya harus udah di rebus

4. Jamur à bisa jamur kancing (di belah dua dulu) ataupun jamur merang (potong persegi panjang). Kalo ada yg mau berkreasi dengan jamur shitake juga bs. Tapi, aq blm pernah cb, heuheu…

5. Baso à bisa sapi ataupun ikan, di potong melintang. Hendaknya di rebus terlebih dahulu

6. Keju mozzarella à ini dia keju cirri khas pizza. Hanya… ehm! Hrganya lumayan mahal. kalau mau agak murah, bisa menggunakan keju kraft quick melt (di bayar brp aq ya ma kraft? heheee). Setelah kalian pilih ataupun mengkombinasikan taburan no. 1 sampai no. 5, taburkan parutan keju di atasnya sampai menutupi seluruh permukaan pizza

Step-step penyelesaian pizza :

1. Setelah kulit setengah matang, keluarkan dari oven

2. Kemudian olesi dengan saus tomat sampai menutupi seluruh permukaan kulit pizza

3. Taburkan bahan isian kemudian taburannya sampai menutupi seluruh permukaan kulit yang di telah di olesi dengan saus tomat

4. Kemudian, taburi parutan keju di atasnya. Saran aq, parut kejunya di atas pizza. Tutupi seluruh permukaan pizza dengan keju

5. Masukkan kembali pizza ke dalam oven. Panggang hingga matang atau sampai keju meleleh

Gimana?

Di tunggu komentar-nya ya!!

Kalo da request yg lain tulis aja…

Nuhun,,

7 comments:

pizza ada isinya toh?
wah saya baru tau, yg saya tau pake topping doank
pizza model baru kali yah

February 28, 2009 at 8:06 AM  

mksdnya bkan berarti terdapat di dalam pizza, tp ada di atas pizza. sy memang menyebutnya bahan isian. knp? krn terdiri dari bahan daging. jadi, intinya dari topping pizza itu sndiri. tp klo taburan lbih kpd pelengkap..

memang klo di pizza hut, smuanya di bilang topping. tapi, dalam resep masakan bahan isi atau bahan utama menjadi judul dari resep itu sendiri..

misal : Pepperoni Pizza, nah qta tau tugh bhwa bahan isi atau bahan utama dari pizza itu adalah beef pepperoni. sdangkan keju, paprika dsb hnya sbg pelengkap saja...

bgitu ceu,heheee....
untuk membedakan dan mempermudah judul masakan aja. sapa tau km mau berimprovosasi dengan bahan isiannya...heuheu

March 2, 2009 at 6:01 AM  

Mbak, coba buat resep pizza ala Nusantara dong, agar pizza hut jadi tambah banyak pesaingnya...:D

March 29, 2009 at 8:07 PM  
angga said...

bisa disimpen nih resepnya. Di modifikasi dikit, kreasi dikit, jadi deh Pizza made in sendiri hehehe

April 1, 2009 at 12:14 AM  

Wah Mbak Alya buat Pizzanya,Aku buat Vending Machine penjualnya..klop kan..
Mampir ke Blogku ya...

April 1, 2009 at 1:06 AM  
Anonymous said...

Indonesia memang negara yang lucu dehh...banyak pengoyang dangdut ci cekal, dikritik, tapi pada saat kompanyeee...kok dipakai...padahal mereka khan calon-calon wakil rakyat..yg seharusnya konsisten jangan menclak-menclok...nanti gimana kalau sudah di gedung DPR...menclok juga ke Genting......Kasiha deh..luuuu!!!!

April 14, 2009 at 9:01 AM  
habib said...

wah..
boleh tuh..
brarti udah jago bikin pizza ya..
;)

boleh dun request pizzanya..
;)

April 25, 2009 at 11:47 AM  

Post a Comment